Akhir Pekan Super Ceria! Asing Borong 1 T, IHSG Terbang 1,69%

Jakarta, CNBC Indonesia – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan akhir pekan Jumat (8/1/21) ditutup hijau 1,69% ke level 6.257,83.

Data perdagangan mencatat, investor asing melakukan aksi beli bersih sebanyak Rp 1,36 triliun di pasar reguler hari ini dengan nilai transaksi hari ini menyentuh Rp 22,32 triliun. Terpantau 258 saham meroket, 239 saham terkoreksi, 137 saham stagnan.

Tercatat asing melakukan jual bersih di saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) sebesar Rp 62 miliar dan PT Indofood CBP Sukses MakmurTbk (ICBP) senilai Rp 8 miliar.


Asing juga melakukan beli bersih (net buy) di saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) Rp 502 miliar dan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) Rp 269 miliar.

Penguatan IHSG terjadi di tengah hilangnya satu risiko global yakni karena Presiden AS Donald Trump menyatakan berkomitmen melakukan transisi kekuasaan secara tertib.

Tidak hanya itu, Partai Demokrat juga memenangkan pemilihan Senat di Georgia. Dua orang calon Senator asal Demokrat yakni Jon Ossoff dan Raphael Warnock berhasil merebut dua kursi Senator dari petahana Partai Republik. Dengan begitu saat ini baik Senat maupun The House of Representative (DPR) dikuasai oleh Partai Biru tersebut.

Kemenangan Demokrat di segala lini membuat kemungkinan kebijakan fiskal ekspansif di tengah masih merebaknya pandemi Covid-19 bakal ditempuh. Tambahan stimulus bernilai jumbo berpeluang kembali digelontorkan.

TIM RISET CNBC INDONESIA

[Gambas:Video CNBC]

(trp/trp)