Bijak Kelola Dana Pinjaman Dari Gadai BPKB Agar Tidak Mendapat Masalah Di Masa Depan

Bijak Kelola Dana Pinjaman Dari Gadai BPKB Agar Tidak Mendapat Masalah Di Masa Depan

Memperoleh pinjaman dana dengan cara menjaminkan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) menjadi cara yang banyak dipilih. Hal ini menjadi suatu bentuk kemudahan yang diberikan oleh lembaga keuangan di dalam memberikan pinjaman kepada masyarakat. Dengan mengajukan BPKB pun dinilai memiliki proses yang cepat untuk bisa mendapatkan dana. Anda bisa mengajukan penggadaian BPKB dalam bentuk motor maupun mobil, lalu dana yang Anda dapat bisa segera digunakan untuk memenuhi kebutuhan mendesak Anda, seperti mendirikan bisnis, untuk biaya sekolah anak, dan sebagainya.

Namun, di dalam menggunakan dana dari hasil menggadaikan BPKB ini sebaiknya Anda juga tidak lupa bahwa harus membayarnya kembali. Tentunya saat Anda menggadaikan BPKB telah disepakati perjanjian kapan Anda harus melunasinya dan besarnya bunga yang juga harus dibayarkan. Jadi, persiapkan dengan baik akan cicilan yang harus Anda bayarkan di setiap bulannya.

Keuntungan Meminjam Dana Dengan Menggadaikan BPKB

Tidak sedikit orang yang menggadaikan BPKBnya untuk bisa memenuhi kebutuhan, seperti memperoleh pinjaman modal usaha dalam upaya untuk memajukan bisnis yang dirintisnya tersebut. Bahkan untuk mengajukannya juga sangatlah sederhana dan banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Apa saja keuntungan tersebut?

1. Dana Bisa Cepat Cair

Bukan hal yang rumit untuk bisa mendapatkan dana dengan menggadaikan motor maupun mobil. Syarat-syarat yang harus Anda penuhi pun tidak terlalu banyak bahkan prosesnya juga tidak lama seperti saat menggadaikan sertifikat tanah atau pun rumah. Biasanya syarat utama adalah Anda datang dengan membawa kendaraan yang akan digadaikan. Lalu petugas akan melakukan pengecekan, meliputi pengecekan nomor mesin, nomor rangka, usia kendaraan, kelengkapan, dan kondisinya. Dan setelahnya akan ada persetujuan peminjaman.

2. BPKB Saja Yang Ditahan, Kendaraan Tidak

Saat Anda menggadaikan BPKB, maka yang akan ditahan hanyalah BPKBnya saja, sedangkan kendaraannya tidak. Anda pun bisa tetap menggunakan kendaraan tersebut. Jadi, dalam hal ini Anda benar-benar diuntungkan karena masih bisa tetap beraktivitas maupun bekerja dengan menggunakan kendaraan tersebut. Bahkan STNK pun bis tetap Anda simpan.

3. Syarat Yang Tidak Banyak

Syarat-syarat dalam menggadaikan BPKB tidaklah banyak dan bisa Anda penuhi dengan mudah dan cepat. Secara umum Anda hanya perlu Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan syarat ringan lainnya yang diajukan oleh pihak perusahaan yang meminjamkan dana.

4. Menyediakan Asuransi

Saat Anda menggadaikan BPKB, tanyakan apakah perusahaan atau lembaga keuangan tersebut menyediakan asuransi yang akan meng-cover semua kebutuhan Anda atau tidak. Hal ini akan sangat menolong Anda jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan dan kecelakaan. Anda pun bisa mengajukan klaim asuransi. Bukan hal yang mustahil jika hutang-hutang Anda tersebut akan dianggap lunas dan Anda tidak perlu menanggungnya.

Menggadaikan BPKB Di Saat Kondisi Darurat

Adanya layanan peminjaman dana dengan cara gadai bpkb motor maupun mobil sangat membantu masyarakat di dalam mendapatkan dana dalam waktu yang cepat. Bahkan persyaratan yang harus Anda penuhi untuk bisa mendapatkan pinjaman tersebut juga tergolong mudah dan tidak terlalu ribet. Namun, menggadaikan BPKB ini ibaratkan Anda memiliki hutang yang dalam waktu tertentu harus Anda bayarkan dan dilunasi.

Bahkan karena kenyamanan dari cepatnya mendapatkan dana, hal ini juga mampu membuat Anda terlena untuk selalu melakukan hal yang sama. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda akan menggadaikan BPKB adalah di saat kondisi sedang benar-benar darurat dan bisa mengelola dana tersebut dengan sebijak mungkin.

Hindari juga menggunakan dana tersebut untuk hal-hal yang tidak terlalu penting. Karena tidak sedikit orang yang ketika mendapatkan dana dalam jumlah besar, maka akan menggunakannya untuk membelanjakan banyak barang yang sebenarnya hanya untuk menuruti nafsu. Sehingga, penting sekali bagi Anda untuk tetap mengendalikan diri dan memanfaatkan dana tersebut untuk kebutuhan yang sangat penting.

Pilih Tempat Menggadaikan BPKB Yang Terpercaya

Walaupun dengan menggadaikan BPKB adalah cara yang cepat untuk bisa mendapatkan pinjaman uang, namun Anda harus tetap teliti di dalam memilih tempat untuk menggadaikan BPKB tersebut. Jangan sampai karena kurang teliti, maka ke depannya Anda yang akan dirugikan.

Pastikan bahwa perusahaan tersebut telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Anda harus dengan jelas mengetahui seluk beluk dari perusahaan tersebut, baik nama perusahaannya, lokasi kantornya, nomor telepon yang aktif dan bisa dihubungkan setiap saat, adanya badan hukum yang menaungi perusahaan tersebut, dan yang tidak kalah penting adalah memiliki izin yang legal.

Karena tidak bisa dipungkiri bahwa tidak sedikit masyarakat yang membutuhkan dana dan mudah terlena jika terdapat penawaran peminjaman dana dengan bunga rendah, tanpa menyeleksi perusahaan yang bersangkutan. Sehingga, hal ini pun menjadi angin segar bagi perusahaan pemberi pinjaman yang tidak bertanggungjawab.

Perusahaan pembiayaan yang terpercaya dan resmi secara umum akan selalu patuh pada aturan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan. Di mana aturan ini adalah upaya untuk bisa terhindar dari adanya tindak penyalahgunaan dari bisnis atau perusahaan pembiayaan.

Risiko Telat Atau Gagal Bayar Cicilan Jaminan BPKB

Melakukan gadai bpkb mobil maupun motor walaupun terkesan mudah dan ringan, namun ada juga yang mengalami kesulitan di tengah jalan dalam masa mencicil jaminan tersebut. Karena kondisi finansial seseorang bisa berubah sewaktu-waktu dan mungkin saja suatu hari Anda bisa benar-benar dalam kondisi yang sulit. Hal ini pun akan berpengaruh pada cicilan penggadaian BPKB di setiap bulannya.

Bisa mengalami telat membayar atau bahkan hingga gagal membayarnya karena faktor kondisi finansial yang benar-benar terimpit.  Jika Anda telat membayar, maka biasanya Anda akan dikenai denda. Namun, jika mengalami gagal dalam membayar, maka biasanya kendaraan akan disita oleh debt collector. Namun, usahakan agar Anda tidak panik terlebih dahulu. Karena debt collector tidak mempunyai hak untuk menyita kendaraan Anda apalagi sampai mendatangkan polisi, karena polisi tidak mengurusi masalah hutang piutang.

Hal yang perlu Anda ketahui adalah memahami dengan baik mengenai hak-hak yang dilindungi secara hukum saat kondisi tersebut terjadi. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika menghadapi situasi gagal bayar jaminan BPKB. Anda bisa meminta bantuan pada lembaga perlindungan konsumen untuk membantu dalam hal menegosiasikan masalah tersebut.

Bisa dengan berniat melunasi tetapi meminta keringanan cicilan dan menambah jangka waktu untuk melunasi. Atau Anda diberi kesempatan untuk menjual kendaraan tersebut dengan diketahui oleh pihak yang meminjamkan dana. Hasilnya akan digunakan untuk melunasi dan jika terdapat sisa, maka bisa digunakan oleh pemilik kendaraan.

Dengan begitu, jika Anda berniat menggadaikan BPKB motor maupun mobil untuk mendapatkan pinjaman uang secara cepat, maka bijaklah di dalam menggunakan dana tersebut. Dan usahakan untuk memperhatikan dengan baik akan cicilan Anda di setiap bulannya agar terhindar dari telat atau gagal membayar yang bisa mendatangkan risiko untuk Anda di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *