Butuh Pinjaman Dana? Bisa dengan Gadai BPKB, Seperti Ini Caranya!

Butuh Pinjaman Dana? Bisa dengan Gadai BPKB, Seperti Ini Caranya!

Apakah Anda sedang membutuhkan dana darurat? Kalau iya, tabungan bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah keuangan Anda. Sayangnya, tidak semua orang memiliki tabungan dan kalaupun ada tabungan untuk dana darurat, bisa jadi jumlahnya tidak mencukupi. Apabila Anda mengalami kondisi demikian, mengajukan pinjaman dana bisa jadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan keuangan yang tengah Anda hadapi.

Pengajuan Pinjaman untuk Solusi Kebutuhan Anda

Dana pinjaman bisa Anda peroleh dari berbagai lembaga keuangan yang menyediakan layanan ini, seperti bank konvensional, BPR, pinjaman online, dan Pegadaian. Di samping itu, bergantung pada jenis pinjaman dan besar-kecilnya dana yang diajukan, Anda pun perlu memberikan jaminan tertentu.

Bicara soal jaminan untuk pengajuan pinjaman, salah satu bentuk jaminan yang sering digunakan dan diterima oleh lembaga keuangan adalah BPKB kendaraan bermotor, seperti BPKB motor maupun BPKB mobil. Inilah yang dimaksud sebagai gadai BPKB motor atau BPKB mobil, di mana BPKB digunakan sebagai jaminan untuk mendapatkan pinjaman yang Anda ajukan.

Pengajuan pinjaman dengan cara gadai BPKB kendaraan ini bisa dilakukan di lembaga pembiayaan, bank, maupun Pegadaian. Prosesnya pun secara garis besar serupa, mulai dari dokumen persyaratan yang perlu dilengkapi dan diserahkan, sampai dengan prosedur pengajuannya.

Meski demikian, perlu Anda perhatikan bahwa tingkat suku bunga yang ditetapkan oleh masing-masing lembaga keuangan yang menerima layanan pinjaman alias kredit ini berbeda-beda. Akan tetapi, Anda tak perlu khawatir karena bukan berarti niat Anda untuk mengajukan pinjaman dana harus terhenti. Karena selama Anda menggadaikan BPKB kendaraan untuk mendapatkan dana pinjaman dari lembaga keuangan maupun gadai yang resmi dan aman, masalah Anda pasti teratasi dengan baik.

Untung-Rugi Pinjaman dengan Gadai BPKB

Mirip dengan solusi pinjaman uang tunai dalam waktu relatif cepat lainnya, pinjaman uang tunai dengan cara gadai BPKB tentu ada kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri, baik itu dari segi pembiayaannya maupun besaran bunga yang dibebankan. Oleh karena itu, sebagai konsumen yang cerdas, Anda perlu tahu dan paham terlebih dahulu seperti apa skema gadai BPKB yang dimiliki dan ditetapkan pihak lembaga pembiayaan atau gadai pilihan Anda.

Sementara itu, dari segi keuntungannya, pinjaman tunai dengan gadai BPKB dipandang lebih unggul karena proses pencairan dananya yang relatif lebih cepat, apalagi jika dibandingkan dengan Kredit Tanpa Agunan atau KTA yang tersedia di bank. Pasalnya, proses pencairan dana pinjaman dari gadai BPKB bisa selesai hanya dalam hitungan hari, bahkan hanya butuh waktu maksimal 3 hari, yang digunakan untuk mengecek dan melakukan validasi keaslian BPKB yang Anda gadaikan.

Cara Gadai BPKB untuk Pinjaman Uang Tunai

Lalu, seperti apa cara pengajuan pinjaman uang tunai dengan gadai BPKB? Secara garis besar, berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda perhatikan.

1. Penuhi persyaratan dan dokumen yang diminta.

Secara garis besar, pinjaman dana dengan cara gadai BPKB dapat dilakukan oleh siapa saja terlepas dari profesinya. Baik itu karyawan swasta, karyawan kontrak, pegawai negeri, maupun pemilik usaha, semua bisa mengajukan selama memenuhi persyaratan dan dokumen yang telah ditentukan oleh lembaga keuangan atau gadai pilihan Anda.

Sejumlah persyaratan yang ditentukan untuk pengajuan pinjaman lewat gadai BPKB kendaraan adalah minimal usia 21 tahun dan maksimal 60 tahun, merupakan seorang warga negara Indonesia (WNI), dan sudah bekerja selama minimal 1 tahun.

Jika Anda sudah memenuhi persyaratan, Anda bisa lanjutkan dengan menyiapkan dokumen-dokumen pengajuan pinjaman. Biasanya, dokumen yang diminta adalah:

  • Fotokopi KTP
  • Pas foto
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Foto tempat kerja atau surat keterangan kerja
  • Fotokopi bukti kepemilikan tempat tinggal dan fotokopi PBB, rekening listrik, air, dan telepon (untuk pegawai nonformal, misal pegawai kontrak)
  • Foto kendaraan yang jadi jaminan, beserta BPKB kendaraan.

2. Pilih tenor pinjaman

Ketika Anda akan mengajukan pinjaman, baik itu pinjaman uang tunai sebagai pinjaman modal usaha atau pinjaman untuk kebutuhan pribadi, Anda akan diminta untuk memilih tenor pinjaman, alias berapa lama periode pinjaman berlangsung. Lamanya tenor sendiri ada yang 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan, sampai 36 bulan.

Sama halnya dengan pengajuan kredit pada umumnya, lamanya tenor juga akan memengaruhi tingkat suku bunga yang perlu Anda bayarkan bersamaan dengan cicilan pinjaman tiap bulannya. Karena itu, pilihlah tenor yang sesuai dengan kemampuan Anda agar nantinya Anda tidak mengalami kesulitan saat harus membayar cicilan dan melunasi pinjaman. Pasalnya, orang-orang yang beranggapan bahwa kredit dan cicilan itu menyulitkan biasanya adalah mereka yang tidak merencanakan tenor dan cicilan berdasarkan kemampuan finansial mereka.

Pada umumnya, dua langkah itulah yang perlu Anda lakukan ketika mengajukan pinjaman uang tunai dengan cara gadai BPKB kendaraan. Jika keduanya sudah Anda lakukan, Anda hanya perlu menunggu informasi selanjutnya dari pihak lembaga gadai atau pinjaman soal status pengajuan pinjaman Anda: diterima atau ditolak.

Dan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pinjaman dengan gadai kendaraan BPKB hanya butuh hitungan hari untuk pemrosesannya. Dengan demikian, artinya Anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan dana pinjaman begitu pengajuan pinjaman Anda disetujui.

Gadai BPKB Diterima, Apa yang Perlu Dilakukan Setelahnya?

Apakah pengajuan pinjaman dengan gadai BPKB Anda diterima? Kalau iya, selamat! Meski demikian, bukan berarti urusan Anda dengan pihak lembaga gadai atau lembaga keuangan sudah selesai, ya! Karena sebagaimana yang sudah diulas secara singkat di atas, Anda masih harus melunasi pinjaman dengan cara membayar cicilan yang besarnya sudah disepakati berdasarkan tenor yang sudah Anda pilih, plus bunga yang sudah termasuk di dalam jumlah cicilan tersebut.

Sekadar membayar cicilan saja juga tidak cukup, karena Anda juga perlu melakukan pembayaran angsuran tepat waktu tanpa ada yang terlewat. Biasanya, batas waktu pembayaran cicilan tiap bulannya dilakukan pada tanggal yang sama dengan tanggal pinjaman Anda dicairkan. Sebagai contoh, pinjaman Anda cair pada tanggal 5 Agustus 2020 – maka, pembayaran cicilan dilakukan setiap tanggal 5 tiap bulan sampai tenor berakhir.

Apabila Anda terlambat melakukan pembayaran cicilan, tentu ada konsekuensi yang harus Anda tanggung. Konsekuensi tersebut biasanya berupa denda dalam bentuk bunga keterlambatan pembayaran yang besarnya adalah persentase dari besarnya cicilan yang harus Anda bayarkan. Tentu adanya denda ini berarti Anda harus membayar lebih, kan?

Lebih parah lagi jika Anda sampai lalai melakukan kewajiban Anda sebagai kreditur dengan tidak membayar angsuran, alias gagal bayar. Kalau hal ini sampai terjadi, Anda jelas perlu menanggung konsekuensi yang lebih besar, bahkan bisa jadi kendaraan Anda disita.

Lalu, di mana Anda bisa mengajukan pinjaman dengan gadai BPKB mobil atau motor yang aman dan terpercaya? Meskipun di Indonesia ada banyak lembaga gadai dan pinjaman yang bisa Anda pilih, BPKBsaya.com adalah pilihan yang tepat untuk Anda andalkan sebagai solusi kebutuhan akan dana segar yang cepat, aman, dan terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *