Dana OWK Cair Rp 2,2 T, Krakatau Steel Siap Rights Issue

Jakarta, CNBC Indonesia – Emiten baja BUMN, PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) akan segera menerbitkan obligasi wajib konversi (mandatory convertible bond/MCB) senilai Rp 2,2 triliun dengan tenor 7 tahun, dari pagu penerbitan yang diberikan pemerintah senilai Rp 3 triliun.

MCB tersebut nantinya akan dikonversi menjadi kepemilikan saham pada 2027 saat obligasi tersebut jatuh tempo.

Direktur Keuangan Krakatau Steel, Tardi mengatakan sisanya senilai Rp 800 miliar nanti akan direalisasikan melalui penerbitan berbeda pada akhir 2021 nanti.


“Ini kita terbitkan sekaligus di 2020 ini dalam 1-2 hari ini akan terbitkan Rp 2,2 triliun. Sisanya sebagai komitmen pemerintah Rp 800 miliar kan melalui proses ulang penerbitan tapi komitmennya sudah ada di akhir 2021,” kata Tardi dalam konferensi pers virtual, Selasa (29/12/2020).

Nantinya, ketika dikonversi akan terjadi dilusi kepemilikan saham oleh publik dari sebelumnya 20% menjadi kisaran 14%-16%. Namun perusahaan tetap berkomitmen untuk menjaga porsi kepemilikan publik di angka 20% sehingga akan dilakukan aksi korporasi lanjutan.

“Namun kita juga pahami porsi kepemilikan publik di 20% akan ada aksi korporasi lanjutan untuk berikan kesempatan publik menaikkan kembali kepemilikan di KRAS jadi dijaga 80%-20%,” terangnya.

Adapun yang akan menjadi investor dari OWK tersebut adalah PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) alias SMI yang mendapatkan mandat dari Kementerian Keuangan.

Sebelumnya, perusahaan telah menyebutkan bahwa OWK ini nantinya akan dikonversi melalui mekanisme penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD)/private placement.

Nantinya harga konversi mengacu pada 90% dari rata-rata harga penutupan saham dalam waktu 25 hari bursa di pasar reguler atau satu hari sebelum tanggal konversi, mana yang lebih rendah.

Penerbitan ini dilakukan dalam rangka amanat Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 118/PMK.06/2020 tentang Investasi Pemerintah Dalam Rangka Program PEN.

[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)