Dunia Heboh dengan Vaksinasi Covid-19, Harga Minyak Naik!

Jakarta, CNBC Indonesia – Optimisme vaksinasi Covid-19 di Inggris dan Amerika Serikat (AS) membuat harga minyak mentah sedikit bertenaga pada perdagangan pagi hari ini Kamis (10/12/2020).

Harga kontrak futures minyak mentah Brent naik 0,47% ke US$ 49.09/barel pada 09.25 WIB. Di saat yang sama harga kontrak minyak West Texas Intermediate (WTI) naik 0,57% ke US$ 45,78/barel.


Ada dua kabar positif soal vaksin Covid-19 dari AS, pertama adalah Johnson & Johnson akan segera memperoleh hasil uji coba tahap akhir vaksin anti-virus corona yang sedang mereka kembangkan.

Kedua adalah rilis dokumen otoritas makanan dan obat AS (FDA). Dalam dokumen itu, FDA menilai tidak ada masalah terkait vaksin Pfizer dan mitranya dari Jerman yaitu BioNTech. Pada November lalu vaksin buatan duo perusahaan farmasi ini diklaim punya efektivitas lebih dari 90%. 

Dengan begitu besar harapan AS akan menyusul Inggris untuk segera menetapkan penggunaan darurat vaksin Pfizer-BioNTech tersebut. Di negeri Ratu Elizabeth, program vaksinasi darurat Covid-19 sudah dimulai sejak Selasa (8/12/2020).

Sebanyak 800 ribu dosis vaksin Covid-19 dari pabrik Pfizer di Belgia bakal disuntikkan ke kelompok yang berisiko seperti petugas kesehatan, petugas panti jompo dan mereka yang usianya lebih dari 80 tahun. 

Optimisme vaksinasi Covid-19 seolah membuat pasar melupakan kenyataan bahwa stok minyak mentah mengalami kenaikan yang sangat signifikan pekan lalu. Data resmi pemerintah AS yang dirilis oleh EIA menunjukkan bahwa stok minyak mentah AS bertambah 15,2 juta barel menjadi 503,2 juta barel. 

Ini jelas berbanding terbalik dengan ekspektasi analis yang memperkirakan stok minyak mentah AS akan turun 1,4 juta barel pekan lalu. Impor bersih minyak mentah AS naik 2,7 juta barel per hari pekan lalu dan menjadi kenaikan terbesar dalam catatan ketika ekspor anjlok.

TIM RISET CNBC INDONESIA

[Gambas:Video CNBC]

(twg/twg)