Ini Sederet Jurus yang bisa Dilakukan Perusahaan Demi Cegah PHK

Jakarta

Ribuan tenaga kerja telah mengalami pemutusan hubungan kerja alias PHK selama sepekan ini. Hal ini terjadi di tengah kondisi resesi yang resmi dialami Indonesia.

Menurut Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal perusahaan wajib menjadikan keputusan untuk melakukan PHK adalah pilihan terakhir. Menurutnya, masih banyak opsi upaya yang bisa dilakukan untuk menghindari PHK.

Upaya-upaya itu dilakukan untuk menekan biaya produksi sehingga perusahaan bisa tetap berjalan tanpa melakukan PHK.

“Seharusnya pengusaha jangan langsung melakukan PHK, harusnya mereka melakukan beberapa upaya dulu untuk menekan biaya produksi,” kata Said kepada detikcom, Minggu (8/11/2020).

Said mencontohkan pengusaha bisa saja mengurangi biaya operasional dengan cara tidak memperpanjang kontrak kerja para pekerja kontrak. Ataupun mengurangi biaya produksi dengan mengubah shift kerja menjadi lebih sedikit.

“Misalnya mengurangi karyawan kontrak dikurangi tak diperpanjang, kan beban karyawan kontrak bisa dikurangi. Untuk tekan biaya juga bisa mengurangi jumlah shift, biasanya shift ada 3 jadi 2 shift, ini bisa kurangi listrik dan segala macam,” kata Said.

Simak Video “Gojek Beri Paket Pesangon ke 430 Karyawan yang Kena PHK
[Gambas:Video 20detik]