Intip Saham Pencetak Cuan di Musim Window Dressing

Jakarta, CNBC Indonesia – Aksi beli yang cukup massif mendorong kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan sebesar 2% ke level 5.724,74 poin pada perdagangan Selasa kemarin, 1 Desember 2020. Kinerja bursa saham domestik, berpotensi menguat hari ini karena aksi window dressing.

Meski demikian, IHSG sempat terkoreksi ke leel 5.594,37 merespons kabar Gubernur DKI Jakarta yang positif Corona. Namun, tak lama berselang, IHSG kembali menanjak.

Data perdagangan mencatat, nilai transaksi mencapai Rp 16,47 triliun dengan frekuensi sebanyak 1,16 juta kali. Investor asing mencatatkan aksi jual bersih sebesar Rp 684,06 miliar.


Saham-saham yang banyak ditransaksikan kemarin antara lain, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA), PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) dan PT Astra International Tbk (ASII).

Sebelum memulai perdagangan Rabu (2/12/2020) simak rekomendasi saham pilihan dari sejumlah broker yang dirangkum CNBC Indonesia:

1. MNC Sekuritas – Ditopang Volume Beli

IHSG bergerak dan ditutup menguat 2% ke level 5.724 pada perdagangan kemarin disertai dengan volume beli meskipun tidak begitu besar. Level resistance terdekat IHSG berada pada area 5.798, bila IHSG masih belum sanggup menembus level tersebut, maka IHSG masih rentan terkoreksi untuk menguji support 5.563 sekaligus membentuk wave [iv] dari wave 3. Arah koreksi dari wave [iv] berada pada rentang 5.400-5.500.

Saham pilihan:

  • JSMR
  • GGRM
  • IMAS
  • BBRI

2. Reliance Sekuritas – Kenaikan Bursa Wall Street

Bursa Wall Street, Amerika Serikat kembali mencetak kenaikan tertingginya pada awal Desember seiring adanya optimisme pelaku pasar mengenai kemajuan perkembangan vaksin Corona. Kabar ini diyakini jadi sentimen positif yang diperkirakan akan membangkitkan kembali kegiatan ekonomi tahun depan. Sementara itu, Presiden terpilih AS, Joe Biden mendesak Kongres untuk mengeluarkan paket bantuan.

Saham pilihan:

  • JPFA
  • SRIL
  • TBIG
  • TLKM