Kemarin, Jepang dukung SWF Indonesia hingga lapangan kerja pada 2021

Jakarta (ANTARA) – Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Sabtu (5/12/2020) kemarin, mulai dari Jepang yang akan berinvestasi dalam mendukung Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia, hingga proyek prioritas infrastruktur Kementerian PUPR untuk membuka lapangan pekerjaan pada 2021.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Luhut: Jepang akan investasi 4 miliar dolar untuk dukung SWF Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Jepang melalui Japan Bank for International Cooperation (JBIC) siap mendukung Sovereign Wealth Fund Indonesia dengan menginvestasikan 4 miliar dolar AS (setara Rp57 triliun).

“JBIC siap mendukung pendanaan SWF Indonesia sebesar 4 miliar dolar AS (Rp57 triliun), dua kali lipat lebih besar dari yang disampaikan The US International Development Finance Corporation (DFC), lembaga pembiayaan asal Amerika Serikat,” kata Luhut dalam keterangan tertulis KBRI Tokyo, Jumat (4/12) malam.

Berita selengkapnya klik di sini

2. Menteri PUPR: Empat proyek prioritas untuk buka lapangan kerja di 2021

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan terdapat empat proyek prioritas atau major projects pembangunan infrastruktur 2021 untuk membuka lapangan pekerjaan.

“Terdapat empat major projects Kementerian PUPR yang bertujuan untuk mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan. Pertama, pengembangan Food Estate di Kalimantan Tengah, Sumatera Utara dan NTT. Kedua, dukungan pengembangan Kawasan Industri. Ketiga, dukungan pengembangan lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). Keempat, program Padat Karya Tunai (PKT) di seluruh Indonesia dan pembangunan prasarana dasar,” ujar Menteri Basuki dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Berita selengkapnya klik di sini

3. BNI-PNM sinergi penyaluran kredit UMKM pacu pemulihan ekonomi nasional

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menjalin kerja sama dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Persero) dalam penyaluran kredit sektor UMKM untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional.

“BNI akan terus berkomitmen untuk mendukung sektor UMKM dan pemberdayaan ekonomi kerakyatan,” kata Direktur Bisnis UMKM BNI Muhammad Iqbal dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Berita selengkapnya klik di sini

4. Menteri BUMN: Investor Jepang berniat kerja sama dengan BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan bahwa investor Jepang berniat melakukan kerja sama dengan BUMN dalam rangka meningkatkan profesionalitas hingga pengelolaan aset.

“Para investor Jepang sangat mendukung upaya kita untuk meningkatkan profesionalitas, transparansi, dan akuntabilitas dalam pengelolaan aset-aset BUMN,” ujar Menteri Erick dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Berita selengkapnya klik di sini

5. Jumlah penumpang pesawat bandara AP I naik 29,1 persen pada November

Trafik penumpang penerbangan di 15 bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I (Persero) November 2020 naik signifikan 29,1 persen menjadi 2,80 juta penumpang dibanding Oktober 2,17 juta penumpang pada Oktober 2020.

Pertumbuhan juga terjadi pada trafik pesawat yaitu sebesar 13 persen, dari 29.975 pergerakan pada Oktober menjadi 33.875 pergerakan pada November. Sedangkan trafik kargo tumbuh tipis hampir 1 persen dari 37,99 juta kilogram pada Oktober menjadi 38,34 juta kilogram pada November.

Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020