Kursi BTN 1 Kosong, Siapa Suksesor Pahala Mansury?

Jakarta, CNBC Indonesia – Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) Pahala Nugraha Mansury resmi dilantik sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada Rabu pagi (23/12) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pahala mengisi kekosongan posisi Wamen BUMN sebelumnya yang dijabat Budi Gunadi Sadikin yang ditunjuk menjadi Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto.

Masuknya Pahala menjadi Wamen BUMN meninggalkan pertanyaan besar mengenai siapa yang akan menggantikannya di jabatan orang nomor satu bank BTN.


Hingga saat ini belum ada pernyataan resmi dari Bank BTN terkait dengan informasi ini.

Di BTN, Pahala ditetapkan menjadi sebagai direktur utama sejak November 2019.

Beberapa sumber CNBC Indonesia, membisikkan salah satu nama kuat yang bakal mengisi posisi direktur utama ini yakni Nixon L.P. Napitupulu.

Saat ini Nixon merupakan Direktur Finance, Treasury & Strategy di bank tersebut dan telah menjabat sejak Maret 2017 silam.

Nixon juga merupakan seorang bankir yang cukup lama memiliki karier di Bank Mandiri meski sebelumnya telah lebih dahulu berkarier di PT Bank Ekspor Impor (Persero), cikal bakal Bank Mandiri.

Terakhir di Mandiri, Nixon menjabat sebagai SVP Corporate Transformation Group pada Januari-Mei 2015 dan ditugaskan menjadi Head of Tim Transisi Bank JV. Kala itu dia memimpin tim pembentukan usaha patungan antara Bank Mandiri, Taspen dan Pos Indonesia.

Setelah sukses membentuk bank tersebut, dia pun didapuk menjadi direktur utama di PT Bank Mandiri Taspen Pos ini untuk periode Mei 2015-Maret 2017.

[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)