Lippo Jual Saham Multifiling Rp 469 M ke Investor Hong Kong

Jakarta, CNBC Indonesia – Lippo Grup melalui PT Multipolar Tbk (MLPL) berencana menjual kepemilikan sahamnya, melalui rencana transaksi penjualan saham PT Multifilling Mitra Indonesia Tbk (MFMI), kepada perusahaan asal Hong Kong, Iron Mountain Hong Kong Limited.

Dalam pengumuman yang disampaikan manajemen MFMI, terkait transaksi saham tersebut, kedua pihak telah menandatangani Conditional Share Purchase Agreement (CSPA) atau perjanjian pembelian saham bersyarat pada tanggal 23 Desember 2020 sebanyak 700.425.400 saham atau setara 92,46% saham yang dimiliki perseroan.

“Penyelesaian dari Rencana Pengambilalihan Saham ini masih bergantung pada pemenuhan persyaratan pendahuluan oleh para pihak yang sebagaimana diatur dalam PPJB,” tulis manajemen MFMI dalam pengumuman perubahan pengendali perseroan, dalam keterbukaan informasi, dikutip Senin (28/12/2020).


Tidak disebutkan detail harga transaksi, tapi jika mengacu pada harga saham MFMI pada penutupan perdagangan Rabu (23/12), di level Rp 670 per saham, maka dari aksi korporasi ini, Lippo Grup berpotensi meraih dana segar sebesar Rp 469,29 miliar.

Seperti diketahui, Lippo Grup mempunyai kepemilikan saham di MFMI yang fokus pada bisnis manajer arsip, melalui PT Surya Cipta Investama dengan kepemilikan sebesar 65,99% atau setara 499,91 juta saham menurut laporan pemegang saham perseroan sampai dengan 30 November 2020.

Selebihnya adalah Multipolar dengan kepemilikan 26,47% saham dan saham investor publik 7,54%.

Adapun entitas induk terakhir MLPL dan entitas anak adalah PT Inti Anugerah Pratama yang dimiliki oleh Keluarga Riady.

Sekretaris Perusahaan MFMI Senjaya Bidjaksana mengatakan, transaksi tersebut tidak berdampak negatif terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha Perseroan.

[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)