Mansurmology Sebut Waskita Teken Proyek EBT Rp 12 T, Beneran?

Jakarta, CNBC Indonesia – Kabar terbaru datang dari ustaz Yusuf Mansur, pemilik perusahaan aset manajemen PT Paytren Aset Manajemen (Paytren). Kali ini Yusuf Mansur mengunggah pandangannya terkait dengan saham perusahaan konstruksi BUMN yakni PT Waskita Karya Tbk (WSKT).

Dia merespons positif adanya pemberitaan soal Waskita yang akan menggarap proyek Energi Baru Terbarukan (EBT) dengan nilai mencapai Rp 12 triliun.

Sebelumnya memang diberitakan Waskita Karya dan emiten energi terbarukan PT Terregra Asia Energy,Tbk (TGRA) melakukan penandatanganan master agreement pada Selasa ini (5/1), atas pembangunan lima pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan dua pembangkit listrik tenaga air (PLTA) di Provinsi Nangroh Aceh Darulsalam, dengan total nilai investasi Rp 12,5 triliun. 


Data BEI menunjukkan, saham WSKT ditutup naik 0,33% di posisi Rp 1.505/saham, dengan nilai transaksi Rp 306,74 miliar dan volume perdagangan 203,50 juta saham. Dalam 3 bulan terakhir, saham WSKT melesat 207%.

“Kaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaannn….Saya bilang apa? Alhamdulillaah, izin Allah. 2021 tahun kebangkitannya BUMN-BUMN. Saya dari kemarenan akhir tahun nge-up WASKITA, kan? Feeling aja. Juga INCO,” katanya, dikutip dari akun Instagram, @yusufmansurnew, Selasa (5/1/2021).

“Sekali lagi, ini bukan soal cuan dari dagang saham. Pegangin aja sih. Ini soal keberpihakan, dukungan, thd BUMN. Dan agar BUMN ya jd riil milik kwn2 sebagai investor. BUMN untuk negeri, kan? Slogannya? Scr kalo udah TBK, ya asing jg bs beli? Masa sih? Dibeli tanpa perlawanan?”

“WASKITA besok, ttd kontrak EBT loh. 12T. Luar biasa ini. Soal fundamental lap keuangan, ya pasti masih merah. Sbb ada bunga bank. Tapi begitu SWF juga cair, beda lagi urusannya. Keren dah asli.”

Buat rekan2 media, saya udah ngumumin duluan nih, hahaha. Ampun. Ada informasi langit soalnya saya mah, hihihi. Saya kan dah blg, banyak doa. Tar yang gini2, suka dikasih aja infonya sama Allah, lwt berbagai cara. Saya jg merinding sih. Kalo besok ga ada pers release, saya malu. Hehehe. Biar aja. Namanya juga ikhtiar. 

[Gambas:Instagram]

Dalam keterangan resmi, manajemen WSKT memang mengungkapkan penandatanganan proyek tersebut. Penandatangan dilakukan oleh Senior Vice President EPC Division Waskita Karya Purma Jose Rizal dan Director of Operation 3 Waskita Karya, Gunadi Sukardjo.

Sementara perwakilan Terregra Asia Energy dilakukan Finance Director Daniel Tagu Dedo dan President Director Djani Sutedja, di Kantor Pusat PT Waskita Karya Jakarta.

Tahun ini, Waskita juga tengah mempersiapkan 11 ruas tol untuk didivestasikan. Potensi dana yang bisa didapatkan perusahaan dari divestasi ini bisa mencapai Rp 31 triliun.

Direktur Utama Waskita Karya Destiawan Soewardjono mengatakan dana hasil divestasi ini dinilai dapat mengurangi beban keuangan perusahaan mulai tahun depan.

Pasalnya saat ini batas kemampuan perusahaan untuk melakukan penjaminan utang (gearing ratio) sudah hampir mencapai batas maksimal, sedangkan kebutuhan pendanaan perusahaan masih terbilang besar.

“Program yang kami lakukan dan disiapkan untuk divestasi proyek tol, ruas-ruas tol yang kami miliki yaitu yang mayoritas maupun yang minoritas kurang lebih 11 ruas. Itu potensinya bisa mencapai Rp 31 triliun dan mudah-mudahan bisa terealisir di 2021,” kata Destiawan dalam sebuah webinar, dikutip Selasa (29/12/2020).

[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)