Menteri Erick: Pandemi jadi momen ekonomi syariah bangkit

Pandemi ini bisa menjadi momentum yang mengakselerasi ekonomi syariah yang berdaya tahan

Jakarta (ANTARA) – Menteri BUMN Erick Thohir mengharapkan pandemi COVID-19 dapat menjadi momentum bagi ekonomi syariah nasional untuk bangkit dan memiliki daya tahan lebih baik terhadap gejolak.

“Pandemi ini bisa menjadi momentum yang mengakselerasi ekonomi syariah yang berdaya tahan,” ujar Menteri Erick dalam acara Republika Webinar Outlook Ekonomi Syariah 2021 di Jakarta, Rabu.

Ia juga berharap ekonomi syariah membawa manfaat positif bagi seluruh rakyat Indonesia dan menjadi salah satu solusi untuk mendorong perekonomian nasional di tengah pandemi COVID-19.

Dalam kesempatan sama, Direktur Infrastruktur Ekonomi Syariah KNEKS Sutan Emir Hidayat mengatakan performa aktivitas ekonomi berbasis syariah di sektor perbankan relatif masih baik di tengah pandemi.

Ia menyampaikan pada kuartal II 2020 aset, pembiayaan, dana pihak ketiga masih mencatatkan pertumbuhan lebih baik dibandingkan perbankan konvensional.

“Sektor perbankan syariah masih tetap tumbuh. Meski tetap terkena imbas, ekonomi syariah masih tetap berdaya tahan,” katanya.

Pakar ekonomi syariah Adiwarman Karim memproyeksikan tahun 2021 akan menjadi tahun kebangkitan bagi ekonomi syariah nasional.

“Pada 2021, wajah politik di Indonesia akan berubah yaitu ke arah lebih ramah Islam dan lebih merangkul, ini akan menjadi kekuatan besar bagi ekonomi syariah, 2021 adalah tahun awal dari kebangkitan,” ujar Adiwarman Karim.

Ia menambahkan kegiatan ekonomi berbasis syariah di dalam negeri juga didukung dari perubahan geopolitik Amerika Serikat di negara-negara kawasan Indo-Pasifik.

Ia mengatakan AS akan mendekati mitra-mitra pemerintahan yang lebih ramah Islam. Sementara di sisi lain, China akan mendekati masyarakat agar bisa diterima dan meyakinkan bahwa China bukanlah komunisme, bukan ateisme tapi negara dengan mayoritas penduduk Islam terbesar kedua di dunia.

Baca juga: Pakar proyeksikan 2021 jadi tahun kebangkitan ekonomi syariah
Baca juga: Gubernur BI ingin RI jadi pemain global ekonomi syariah
Baca juga: Wapres: Peluang produk halal masih ada, meski ekonomi tumbuh negatif

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020