Pinjam Dana?  Siapa Takut!

Pinjam Dana? Siapa Takut!

Saat ini kebutuhan manusia semakin banyak saja, terkadang kebutuhan ini datang tak terduga padahal tidak ada persiapan dana lagi. Untuk menabung sendiri juga sangat lama. Oleh karena itu banyak orang yang lebih memilih untuk mengajukan pinjaman dana.

Pinjaman ini dapat Anda ajukan setiap saat karena kini banyak sekali perusahaan yang menyediakan fasilitas untuk pengajuan pinjaman. Bahkan hari ini Anda meminjam dana pada hari itu juga dana bisa Anda gunakan secepatnya. Untuk informasi yang lebih jelas maka simak beberapa penjelasan di bawah ini:

Apa Itu Pinjaman Dana? 

Pinjaman dana adalah uang yang bisa dipinjam dan digunakan terlebih dahulu. Uang yang dipinjam bisa milik perorangan atau milik perusahaan yang memang disediakan untuk dipinjam. Yang namanya  pinjaman tentu harus dikembalikan bukan? Begitu juga dengan dana yang Anda pinjam tersebut juga harus dikembalikan kepada pemilik dana sebelumnya.

Namun, kini dana pinjaman tidak harus dikembalikan secara penuh dalam satu waktu. Anda bisa mengangsur dana tersebut dengan mudah yaitu bisa dicicil setiap bulan dengan jangka waktu tertentu. Ya, kini tanpa utang dan cicilan mungkin tidak akan mendapatkan apa yang Anda inginkan. Asal dalam mengajukan pinjaman ada dana yang memang siap datang setiap bulan untuk mengangsur seperti gaji tetap,  uang kiriman tetap dari keluarga, dan lain sebagainya.

Untuk Apa Pinjaman Dana? 

Selain untuk memenuhi kebutuhan dan juga barang keinginan Anda, mengajukan pinjaman juga dapat digunakan untuk beberapa hal yang lain. Apakah itu?  Berikut penjelasannya secara lengkap:

1. Untuk Dana Usaha

Pertama, Anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha. Ya, untuk memulai suatu usaha atau bisnis tentu harus menggunakan modal bukan? Sedangkan modal untuk usaha sendiri yang paling besar adalah modal uang. Bagaimana tidak? Uang dapat digunakan untuk membeli berbagai hal dari mulai bahan baku, alat, dan lain sebagainya.

Saat ini jarang sekali pengusaha yang menggunakan modal sendiri, kebanyakan dari mereka mengajukan pinjaman. Hal ini dikarenakan mereka bisa mengangsur ketika usaha yang dirintis tersebut telah menghasilkan uang dan dapat berkembang menjadi lebih besar.

2. Untuk Kebutuhan yang Mendesak

Selain untuk dana usaha, Anda juga dapat mengajukan pinjaman untuk keperluan yang mendesak. Keperluan yang mendesak ini misalnya adalah anak sakit, orang tua masuk ICU,  keluarga kecelakaan, dan lain sebagainya yang terjadi secara tiba-tiba sedangkan Anda belum memiliki uang yang cukup atau belum gajian.

Hal seperti ini sah-sah saja asalkan setelah pengajuan dana tersebut, Anda bisa mencicil dengan mudah, tidak melewati jatuh tempo, dan juga tidak melarikan diri dari dana yang Anda ajukan terlebih dahulu.

Bagaimana Cara Mengajukan Pinjaman Dana

Bagi sebagian orang masih banyak yang belum paham bagaimana caranya mengajukan pinjaman dana tersebut. Bahkan masih banyak anggapan yang tidak baik terhadap pengajuan pinjaman ini sehingga tidak heran jika masyarakat masih sangat awam. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

1. Pinjam di Bank dan Koperasi Simpan Pinjam

Pertama, Anda bisa meminjam dana di Bank atau di koperasi simpan pinjam. Hal ini sudah tidak asing lagi di masyarakat karena bank memang menyediakan dana pinjaman. Akan tetapi untuk beberapa orang mengalami hal yang tidak mengenakkan ketika mengajukan pinjaman ke bank, Namun hanya sebagian dan tidak semuanya.

2. Pinjam ke Perorangan

Selain meminjam uang di bank, Anda juga bisa meminjam uang ke perorangan. Maksud NH ya Anda bisa meminjam ke orang tua saudara, tetangga, atau orang yang memiliki sejumlah dana yang Anda butuh kan tersebut.

3. Dengan Menggadaikan BPKB di Perusahaan Pembiayaan

Lalu yang paling menjadi tren hari ini dan beberapa waktu yang lalu adalah dengan cara menggadaikan BPKB di perusahaan pembiayaan. Perusahaan seperti ini menjadi angin segar bagi setiap masyarakat karena syaratnya yang mudah dan cairnya sangat cepat. Namun hal ini juga harus memperhatikan perusahaannya.

Banyak perusahaan yang memanfaatkan situasi mendesak atau yang lainnya dan merugikan nasabah. Pastikan perusahaan telah terdaftar pada OJK sehingga jika ada permasalahan OJK dan pihak berwenang dapat membantu untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Apa Keuntungan Mengajukan Dana Pinjaman dengan Menggadaikan BPKB?

Karena kebanyakan kini masyarakat memilih mengajukan pinjaman dengan menggadaikan BPKB maka di bawah ini akan kita bahas khusus mengenai hal ini. Berikut penjelasannya:

1. Bisa Dicicil

Keuntungan pertama adalah bisa dicicil sehingga Anda tidak perlu mengembalikan uang dalam satu waktu dengan jumlah yang dipinjam. Namun kekurangannya adalah Anda harus membayar bunga akan tetapi tentu hal ini akan ringan sebab Anda  hanya perlu membayar sedikit demi sedikit.

2. Bisa Disesuaikan dengan Jenis BPKB Kendaraan yang Digadaikan

Selanjutnya, keuntungan yang Anda dapatkan adalah bisa disesuaikan dengan jenis BPKB yang Anda gadaikan. Jika yang Anda gadaikan adalah BPKB mobil maka akan lebih besar dana yang Anda dapatkan dibandingkan dengan menggadaikan BOKB motor, begitu pun dengan sebaliknya. Sehingga sangat mudah untuk diperkirakan.

3. Kendaraan Masih Dapat Digunakan

Walaupun BPKB kendaraan Anda digadaikan dan disimpan oleh pihak perusahaan pembiayaan akan tetapi Anda masih dapat menggunakan kendaraan Anda dengan leluasa.

4. Cair Lebih Cepat

Berbeda dengan cara meminjam uang yang lainnya, degan menggadaikan BOKB kendaraan Anda ke pihak perusahaan pembiayaan maka dana pinjaman tersebut akan sangat mudah cair bahkan hanya dalam hitungan jam saja.

Apakah Perusahaan Pembiayaan Sama Saja Terkait Fasilitas dan Pelayanannya? 

Tentu tidak, setiap perusahaan memiliki karakternya sendiri-sendiri sehingga Anda harus pandai membaca setiap SOP yang diterapkan oleh perusahaan tersebut. Dan jangan lupa pula untuk memilih perusahaan yang sudah terdaftar di OJK sebab hal ini adalah syarat utama untuk keamanan transaksi.

Penutup

Dari beberapa penjelasan di atas maka kini Anda tidak perlu takut mengajukan pinjaman dana. Utang bukan lah sebuah aib atau sebuah hal yang salah. Asal Anda dapat mengatur dan memiliki manajemen keuangan yang baik maka utang adalah solusi yang baik untuk berbagai hal.

Utang layaknya api dan pisau, jika digunakan dengan baik maka bermanfaat akan tetapi jika penggunaannya tidak tepat apalagi manajemen keuangannya tidak diperhitungkan dengan tepat maka akan membuat petaka.

Salah satu perusahaan pembiayaan yang sangat ramah dan memberikan solusi keuangan Anda adalah bpkbsaya.com yang sudah terdaftar di OJK dan berada di bawah naungan BFI Finance yang terkenal dan merupakan perusahaan besar. Anda bisa gadai BPKB motor, gadai BPKB mobil, dan BPKB truk.

Anda bisa memenuhi berbagai jenis kebutuhan seperti kebutuhan yang mendesak atau untuk dana usaha karena pencairan dananya sangat cepat. Tunggu apa lagi? Lakukan simulasi dana pinjaman yang akan Anda ajukan dan segera hubungi bpkbsaya.com secepatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *