Sah Direstui! Lippo Siap Jual Lippo Mall Puri Rp 3,5 T

Jakarta, CNBC Indonesia – Emiten properti Grup Lippo, PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR). siap menjual salah satu mall yang dikelola perseroan, yakni Lippo Mall Puri kepada Lippo Malls Indonesia Retail Trust (LMIRT) senilai Rp 3,5 triliun.

Penjualan ini setelah mayoritas pemegang saham LMIR Trust memberikan persetujuan untuk mengakuisisi Lippo Mall Puri dari LPKR.

Dalam keterangannya kepada Bursa Efek Indonesia, manajemen LPKR menyebut, transaksi ini merupakan pencapaian penting baik bagi LPKR dan LMIRT di mana LPKR mempunyai kepemilikan sebesar 32%.


“Dana kas yang didapatkan Lippo Karawaci dari transaksi ini akan memberikan perseroan fleksibilitas keuangan tambahan dalam mencapai proyeksi pertumbuhannya,” tulis manajemen LPKR, Rabu (16/12/2020).

Langkah selanjutnya, untuk menyelesaikan penjualan kepada LMIRT ini adalah penyelesaian berupa penambahan modal melalui hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue oleh LMIRT dalam beberapa minggu ke depan.

Rights Issue ini juga telah disetujui para unitholders LMIRT. Dana dari rights issue ditambah dengan dana yang telah diperoleh dari pinjaman bank dan pendanaan vendor akan memastikan tersedianya dana untuk akuisisi tersebut.

Nantinya, LPKR akan tetap menjadi pembeli siaga (standby buyer) dari rights issue dan berminat untuk meningkatkan kepemilikannya di REIT guna mendukung transaksi ini.

Dari penjualan Lippo Mall Puri, LPKR akan mendapatkan pendanaan untuk penyelesaian proyek-proyek berjalan serta peluncuran pengembangan rumah tapak perseroan.

Perseroan juga meyakini, saat ini bisnis properti telah mulai pulih dengan penjualan yang meningkat yaitu lebih dari Rp 2,5 triliun pada tahun 2020, dan dengan target sebesar Rp 3,5 triliun di tahun 2021.

Sebelumnya diberitakan LMIRT berencana melakukan rights issue guna menghimpun dana sebesar S$ 280 juta untuk mengakuisisi Lippo Mall Puri dari PT Mandiri Cipta Gemilang (MCG), anak usaha LPKR.

LMIR Trust adalah satu-satunya REITS (real estate investment trust) atau dana investasi real estate (DIRE) yang dikelola Grup Lippo dan tercatat di SGX-ST sejak 19 November 2007.

[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)