Segala Hal tentang Modal Usaha

Segala Hal tentang Modal Usaha

Memiliki usaha sendiri merupakan impian dari banyak orang. Usaha dapat memberikan penghasilan yang sesuai serta dapat membuka lapangan dan juga kesempatan kerja bagi masyarakat dan juga membantu pemerintah dalam mengatasi pengangguran. Namun, semua usaha harus ada modalnya sehingga Anda harus menyiapkan terlebih dahulu. Untuk informasi lebih jelasnya, Anda dapat menyimak yang berikut ini:

Apa itu Modal Usaha? 

Sebelum membahas informasi yang lebih luas lagi, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu modal usaha. Modal usaha adalah materi atau tenaga awal yang digunakan untuk bahan baku serta segala hal untuk membuka suatu usaha. Modal usaha ini dapat berupa uang, bangunan, barang dagangan, alat dan bahan pembuatan produk, tenaga kerja, dan lain sebagainya.

Akan tetapi dari berbagai jenis modal usaha di atas, yang paling banyak dibutuhkan adalah dana atau uang. Dengan modal uang maka Anda bisa mendapatkan modal yang lainnya. Oleh sebab itu, tanpa modal maka usaha tidak akan berjalan.

Mengapa Usaha Membutuhkan Modal? 

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa modal usaha sangat penting bagi pendirian suatu usaha. Tanpa adanya modal, pasti usaha tidak akan pernah ada. Kita misalkan saja yang paling sederhana, Anda ingin membuka usaha makanan sarapan di pinggir jalan. Apa modalnya? Beras, bahan baku lauk, meja, Mangkuk, piring, kursi, sendok, kertas, styrofoam, kardus, dan lain sebagainya.

Bagaimana cara mendapatkannya? Ya, Anda harus membelinya terlebih dahulu bukan? Semua hal tersebut bisa didapatkan jika Anda memiliki uang. Anda bisa membelinya ke pasar atau supermarket. Namun terkadang banyak orang yang tidak jadi melakukan usaha karena dana modalnya tidak ada sama sekali.

Apa yang Harus Dilakukan untuk Mendapatkan Modal Usaha? 

Lalu apa yang harus dilakukan untuk bisa mendapatkan modal usaha?  Berikut beberapa pilihan bagi Anda untuk mendapatkan modal usaha dengan mudah:

  1. Pertama adalah menabung. Anda bisa menabung sedikit demi sedikit untuk memenuhi modal usaha. Namun cara ini hanya bisa digunakan bagi mereka yang memiliki pekerjaan dan mendapatkan gaji sehingga bisa menyisihkan uang.
  2. Kedua adalah hutang atau mengajukan dana pinjaman. Anda bisa hutang ke bank untuk usaha Anda akan tetapi tidak semua bank dapat menerima pengajuan hutang tersebut apabila tidak ada jaminan atau Anda harus mengajukan proposal usaha dengan perusahaan lain untuk diberikan pinjaman.
  3. Ketiga adalah menggadaikan surat atau barang berharga. Ada banyak hal yang bisa digadaikan seperti emas, sertifikat tanah, motor, mobil, BPKB,  dan lainnya. Salah satu yang paling mudah dan banyak dilakukan adalah menggadaikan BPKB Kendaraan.

Mengapa Harus Gadai BPKB? 

Banyak masyarakat yang memilih menggadaikan BPKB kendaraan. Lalu, apa alasan mereka menggadaikan BPKB? Sekarang lihat di sekitar Anda, siapa yang tidak punya kendaraan bermotor? Hampir setiap rumah memiliki kendaraan bermotor minimal adalah sepeda motor sehingga penggadaian BPKB ini dianggap yang paling mudah.

Anda hanya perlu menggadaikan BPKB-nya saja dan bukan kendaraannya. Anda masih bisa menggunakan kendaraan Anda dengan mudah karena seperti yang diketahui bersama kini kendaraan bermotor sangat berguna dan bermanfaat untuk berbagai jenis kegiatan.

Apa Keuntungan Menggunakan BPKB untuk Digadaikan

Tentu menggadaikan BPKB kendaraan bermotor Anda akan sangat menguntungkan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, walaupun BPKB digadaikan akan tetapi kendaranya  masih bisa Anda manfaatkan dengan baik untuk berbagai hal salah satunya mendukung keberlangsungan usaha misalnya untuk mengangkut barang dari rumah ke tempat jualan, untuk membeli bahan baku pembuatan suatu produk yang dijual,  dan lain sebagainya.

Anda juga bisa memilih salah satu dari beberapa BPKB yang Anda miliki karena kita semua tahu bahwa kini masyarakat banyak yang memiliki lebih dari satu kendaraan. Ada motor ada mobil dan lain sebagainya. Oleh karena itu Anda dapat mengajukan dana sesuai dengan jenis kendaraan yang BPKB-nya akan digadaikan.

Di mana Gadai BPKB? 

Untuk menggadaikan BPKB sendiri ada banyak tempat yang bisa Anda pilih. Anda bisa menggadaikan BPKB kepada perseorangan atau perusahaan pembiayaan. Namun untuk menggadaikan BPKB baik gadai BPKB motor atau gadai BPKB mobil sangat tidak disarankan jika dilakukan kepada perseorangan apalagi tidak ada persetujuan secara tertulis hitam di atas putih. Takutnya, BPKB yang dijadikan jaminan tidak aman bahkan disalahgunakan.

Oleh karena itu, lebih baik Anda gadaikan BPKB tersebut ke perusahaan pembiayaan yang jelas dan terpercaya. Pilih perusahaan yang memiliki aturan yang jelas, ada persetujuan secara tertulis, dan juga pilih yang telah berada di bawah pengawasan oleh OJK atau otoritas Jasa Keuangan sehingga BPKB, data diri, dan juga pinjaman modal usaha Anda lebih aman.

Bagaimana Cara Mendapatkan BPKB kembali? 

Pada saat Anda ingin mengajukan dana pinjaman maka BPKB kendaraan Anda ini akan ditahan sebagai jaminan sehingga saat Anda membawa uang ke rumah BPKB tersebut ditahan dan tidak bisa Anda bawa pulang.  Lalu, bagaimana caranya untuk mendapatkan BPKB tersebut kembali?

Yang pasti adalah Anda harus melunasi terlebih dahulu dana pinjaman yang telah Anda ajukan dalam periode tertentu sesuai dengan kesepakatan awal. Jika Anda mengambil waktu selama 6 bulan untuk mengangsur pinjaman maka setelah 6 bulan itu lah Anda akan mendapatkan BPKB kembali.

Apakah BPKB aman Selama Periode Mengangsur? 

Mungkin Anda penasaran bukan?  Bagaimana keadaan BPKB saat digadaikan?  Apakah aman dan bisa kembali seperti semula? Apakah bisa hilang? Dan pertanyaan yang lainnya. Selama Anda menggadaikan BPKB tersebut kepada perusahaan pembiayaan yang terpercaya dan sudah besar skalanya maka BOKB tentu akan sangat aman. Mereka memiliki tempat tersendiri untuk menyimpan berkas BPKB tersebut dan dijaga ketat oleh pihak yang berwenang.

Namun, jika Anda menggadaikannya ke perseorangan atau perusahaan yang abal-abal tanpa terdaftar sebagai usaha keuangan di OJK maka jaminan keamanan tersebut masih bisa diragukan. BPKB bisa dibawa kabur atau malah digadaikan kembali dengan berbagai penipuan dan Anda akan rugi.

Penutup

Setelah membaca beberapa informasi di atas seharusnya Anda kini bisa melakukan usaha dengan mudah. Kini setiap orang berhak usaha tanpa perlu memikirkan bagaimana modal bisa didapatkan. Buat usaha yang sederhana terlebih dahulu, ambil angsuran dengan jangka waktu yang singkat untuk mengecek ombak usaha Anda. Ketika usaha berjalan dengan lancar maka Anda bisa melakukan pengembangan dengan mengambil modal usaha yang lebih besar.

Tidak ada yang salah dengan menggadaikan BPKB asal menggadaikannya di tempat yang tepat. bpkbsaya.com adalah salah satu perusahaan pembiayaan yang terpercaya dan sudah berada di bawah pengawasan dari OJK sehingga kecamannya sudah pasti terjamin. Belum lagi perusahaan yang satu ini bekerja sama dengan BFI Finance yang sudah terkenal dan menjadi perusahaan leasing terbesar di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *