Sempat Diwarnai Delay, Penerbangan di Soetta Mulai Normal Lagi

Jakarta

Angkasa Pura II menyatakan penerbangan di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang telah kembali normal. Sebelumnya, imbas dari kepadatan massa penjemput Habib Rizieq Shihab di bandara membuat kemacetan panjang di jalan tol akses bandara.

Hal tersebut membuat banyak maskapai melakukan pembatalan atau delay jadwal penerbangannya. VP Corporate Communications AP II Yado Yarismano menyatakan kini kondisi penerbangan sudah normal kembali tanpa ada banyak delay.

“Penerbangan juga sudah mulai normal ya, nggak ada delay-delay lagi kayak tadi. Aksesibilitas juga sudah tak ada penutupan jalan segala macam,” ujar Yado kepada detikcom, Selasa (10/11/2020).

Yado menjelaskan situasi bandara pun sudah normal selepas Habib Rizieq bertolak ke rumahnya. Yado mengatakan sejak Habib Rizieq langsung meneruskan perjalanan situasi bandara sudah berangsur normal, kepadatan mulai mengurai secara perlahan.

“Kalau sekarang operasional bandara sudah kosong tidak sepadat tadi pagi dan normal aja. Sekarang semuanya berjalan normal, kami cuma bersih-bersih dan melakukan perbaikan dari fasilitas yang rusak saja,” jelas Yado.

Sebelumnya, Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto mengatakan jadwal penerbangan di Bandara Internasional Soekarno Hatta akan diatur ulang imbas dari kemacetan yang terjadi pada jalan akses bandara. Semua penerbangan berpotensi delay hingga 4 jam.

“Kami sekarang ada di Soetta, semua flight akan delay sekitar 3 sampai dengan 4 jam,” ujar Novie kepada detikcom.

(eds/eds)